Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.
Loading...
.

About Sugar Glider



Penemu Sugar Glider

PENEMU PETAURUS BREVICEPS atau SUGAR GLIDER yang PERTAMA KALI ADALAH Bpk. GEORGE ROBERT WATERHOUSE.
Bpk George Robert Waterhouse adalah seorang Natural History atau penjelajah yang mengabdikan dirinya kepada penelitian hewan dan tumbuhan.

Pria kelahiran 06 Maret 1810 ini tertarik dibidang entomology seperti ayahnya James Edward Waterhouse semenjak dia sekolah.
Bapak Waterhouse diangkat menjadi presiden dari Entomological Society of London pada tahun 1849 dan diberikan tanggung jawab untuk ekpedisi penelitian hewan khususnya mamalia oleh Bpk Charles Darwin.

Pada tahun 1838 dalam Ekpedisinya yang ketiga, Pria yang bersekolah di Koekolberg ini menemukan hewan yang unik di bagian new south wales australia.
Yak benar, hewan tersebut adalah Petaurus Breviceps atau yang biasa kita sebut dengan SUGAR GLIDER.

Pada tahun yang sama dia juga berhasil mengeluarkan Katalog Mamalia secara lengkap, sehingga membuat namanya melambung.
Tapi yang benar-benar membuatnya terkenal adalah karyanya pada tahun 1846-1848, yaitu sebagai "Natural History of The Mammalia".

Bpk Waterhouse menikah pada 21 December 1834 dengan seorang putri dari musisi terkenal G. L. J Griesbach, yaitu Elizabeth Ann.

Setelah melahirkan karya-karyanya yg melegenda ("Catalogue of British Coleoptra" 1858, "Pocket Catalogue of British Coleoptra" 1861, dan 120 Lembar Natural History Subject 1833-1866) George Robert Waterhouse menutup usia pada tanggal 21 Januari 1988.


Sepeninggal George Robert Waterhouse, ditemukan 5 sub-species dari Petaurus Breviceps.

Ditemukan di Australia:

  • P. b. longicaudatus (Longman, 1924)
  • P. b. ariel (Gould, 1842)


Ditemukan di Pulau Papua:

  • P. b. flavidus (Tate & Archbold, 1935)
  • P. b. papuanus (Thomas, 1888)
  • P. b. tafa (Tate & Archbold, 1935)

Kelima sub-species itu tidak memiliki perbedaan apapun selain tempat mereka ditemukan.


Penulis,

Dowdo Budi Utomo (ISGA)


Sumber: berbagai sumber



 Cara Bertransaksi Sugar glider Yang Baik
Oleh Iman Ihsanudin dan ReZa Agatha di KPSGI ( Klub Pecinta Sugar Glider Indonesia )


Sugar glider bukanlah benda mati yang bisa kita perkirakan dari spesifikasi yang dicantumkan oleh seller.sugar glider adalah makhluk hidup yang memerlukan penglihatan langsung oleh calon adopternya.

Seperti telah banyak di berikan tips ttg cara bertransaksi yang aman di internet.sebisa mungkin lakukan riset yang mendalam ttg apa yang ingin kita beli.sebisa mungkin lakukan sistem Cash On Delivery atau COD, dimana kita bisa memeriksa "produk" tersebut dengan mata kepala kita sendiri dan bisa langsung kita rasakan lantas membayar sesuai harga yang disepakati. Jangan terburu nafsu untuk mendapatkan suatu produk sebelum kita melakukan riset terhadap produk itu dan seller yang ingin kita bertransaksi. Sebelumnya track record seller tersebut, apakah selama ini ada buyer yang mempunyai masalah dengan seller tersebut atau tidak. Jangan malas untuk mencari informasi tentang seller tersebut. Informasi tersebut juga bisa didapat dari para pembeli seller tersebut. Kita bisa bertanya kepada para pembeli yang telah membeli produk dari seller tersebut.kita juga bisa bertanya ttg produk tersebut terlebih dahulu kepada seller tersebut.jika dirasa penjelasannya kurang meyakinkan, jangan ragu untuk mengurungkan niat untuk membelinya dari seller tersebut.

 khusus untuk sugar glider yang merupakan makhluk hidup, ada banyak hal yang perlu diperhatikan.

 pertama dan terpenting adalah : lakukan riset terlebih dahulu tentang sugar glider.seperti cara perawatan dan penangannya, makanan yang diperlukan bagi mereka, sampai hal yang terkecil seperti penyakit apa yang biasa terjadi pada sugar glider. Sebagian besar info2 umum ttg sugar glider ada di bagian dokumen KPSGI, jangan males untuk baca biar nambah info dan wawasan kita ya.

 banyak sekali orang-orang yang ingin memiliki sugar glider karena tergoda oleh kelucuan yang ditampilkan di media terutama di internet seperti gambar-gambar atau video-video yang lucu yang di pajang oleh para adopter sugar glider.gambar dan video tersebut adalah hal-hal lucu yang bisa diabadikan oleh para adopter karena ingin menampilkan hal-hal lucu yang telah mereka alami selama ini bersama sugar glider mereka.sangat jarang sekali diabadikan hal-hal yang sedih atau mengenaskan yang dialami oleh para adopter seperti sakit, digigit, galak atau bahkan kematian sekalipun.tetapi hal-hal yang lucu-lucu tentang sugar glider ini tidak disadari oleh calon adopter. Hal-hal lucu itu bisa terjadi oleh suatu proses yang memakan waktu tidak sebentar, tetapi bisa berbulan-bulan.


Setelah mempunyai basic informasi tentang sugar glider seperti cara perawatan, penanganan, makanan, penyakit dlldan setelah anda siap untuk memelihara seekor sugar glider, carilah seller atau breeder yang terpercaya.dua hal ini bisa anda dapatkan informasi melalui grup ini.informasi mendasar ttg sugar glider bisa anda tanyakan disini.seller atau breeder yang terpercaya bisa anda nilai disini melalui komen atau posting dari calon seller atau breeder tersebut.bahkan tidak ada salahnya anda bertanya kepada member grup ini, siapakah breeder atau seller yang terpercaya jika anda telah memutuskan untuk membelinya dari seller atau breeder tersebut.


langkah selanjutnya adalah menghubungi seller atau breeder tersebut.anda bisa menilai sendiri seller atau breeder tersebut melalui pertanyaan-2 tentang sugar glider.jika dirasakan jawabannya kurang meyakinkan, jangan ragu untuk mengurungkan niat membeli dari seller atau breeder tersebut. Tidak semua seller atau breeder kesibukannya hanya di sugar glider aja, jadi harap bersabar jika mungkin tidak ada balasan apa2, atau saran dari kami adalah teman-teman bisa datang gathering yang diadakan KPSGI untuk bisa langsung ketemu seller/breeder yang biasanya datang, jadi bisa langsung tanya langsung ataupun mungkin bisa bertransaksi langsung di tempat.


tanyakan kondisi sugar glider tersebut !!!apakah sehat atau tidak.ada cacat atau tidak.galak atau tidak.dll.jangan heran dengan jawaban seller atau breeder tersebut. Pastinya mereka akan menjawab hal-hal yang manis agar 'dagangannya' laku.jangan takut.!!!hal ini bisa kita siasati dengan menjawab 'jika tidak sesuai dengan harapan saya atau tidak sesuai dengan omongan anda. bolehkah saya menolak untuk membelinya???'jangan ragu juga untuk meminta jaminan atau garansi dari sugar glider tersebut pada seller atau breeder tersebut.


cara yang terbaik untuk melakukan pembelian makhluk hidup tentu saja dengan sistem Cash On Delivery ( COD).yaitu proses pembayaran ditempat yang disepakati setelah melihat sendiri hewan tersebut.atau bahkan melihat langsung proses perawatan sugar glider di tempat breeder tersebut.sehingga anda merasa yakin bahwa sugar glider yang ingin dibeli itu dirawat dengan baik atau tidak.akan tetapi jika ternyata sistem COD ini tidak bisa dilakukan.hal yang terbaik adalah melakukan riset lebih mendalam terhadap reputasi seller tersebut dan juga meminta jaminan akan kesehatan hewan tersebut.


berikutnya tahap akhir dari tips membeli sugar adalah.lakukan prinsip : lihat, raba dan rasakan.hal ini berlaku pada sistem COD
* lihat kondisi sugar glidernyaapakah ada cacat, luka atau sakit.sugar glider yang sehat biasanya aktif bergerak.badan tidak kurus atau tidak terawat.bulu bagus (tapi kadang suka terkecoh dengan sisa makanan yang menempel dibadannya hingga mengakibatkan terlihat seperti lusuh)
* raba sugar glider nyaapakah dia mengigit? galak?tapi sekali lagi jangan terkecoh dengan hal ini.bahkan joey pun (istilah untuk anak sugar glider) akan mengigit anda pertama kali.dan sugar glider yang telah jinak oleh pemilik sebelumnya, bisa jadi bersama anda akan mencoba mengigit anda.
* rasakan sugar glider nya sekali lagi, yang anda beli adalah makhluk hidup.apalagi ini adalah hewan peliharaan yang nantinya akan menemani anda melewati hari-hari anda dengan penuh kegembiraan.anda harus merasakan 'ikatan' dengan sugar glider tersebut.rasakan 'ikatan' tersebut !!! karena apabila 'ikatan' itu telah kalian rasakan, niscaya anda dan sugar glider tersebut akan saling 'memahami' satu sama lain.anda akan merawatnya dengan baik.dan sugar glider tersebut akan membalas perlakuan baik anda dengan baik pula.

 tidak ada salahnya pula anda menanyakan atau meminta jaminan bahwa sugar glider tersebut sehat seperti yang dibilang seller tersebut, seperti meminta uang kembali atau diganti dengan sugar glider lain.

 setelah semua hal diatas terpenuhi.dan anda merasa yakin dengan sugar glider yang akan anda beli.selanjutnya belilah sugar glider tersebut.rawatlah sugar glider tersebut dengan kasih sayang.





.. this is a pet speaking to it's owner....
1. Please enjoy your life with me.
2. Place your trust in me.
3. Please never forget I have my own feelings.
4. Talk to me a lot. Even if I don't understand your words, I understand you.
5. Take care of me when I get old.
6. You have your school and your friends. I have only you.
7. When I'm passing away, please be with me. And, remember that I love you

semoga tips ini bisa berguna.



Perbedaan Sugar Glider Jantan Dan Betina
Suggie BLues di Indonesian Sugar Glider Association ( ISGA )



Jantan dan betina cukup mudah dibedakan sekilas dari bagian atas atau di bawah samping. Laki-laki memiliki tubuh sedikit lebih besar, dan kepala sedikit lebih besar. Di sisi atas, perbedaan yang paling menonjol adalah bahwa laki-laki memiliki botak di kepalanya dan perempuan tidak.
Bila dilihat dari bawah, pejantan memiliki celah kecil di dekat lehernya yang biasanya disekitarnya berwarna oranye / kuning cahaya pada bulu. Ini adalah di mana ia memiliki kelenjar aroma yang dia gunakan untuk menandai daerah kekuasaannya serta pasangannya. Bagian botak di kepala laki-laki juga merupakan kelenjar aroma.

Dari sisi bawah, betina memiliki lubang kecil di daerah perut bagian bawah yang merupakan kantong nya. Dalam kantong ini dia memiliki 4 puting untuk bayinya untuk menyusui. Apabila didalam kantong ini terdapat joey (baby Sugar Glider) akan terlihat benjolan di kantong tersebut

Penampilan secara umum Sugar Glider jantan

Kelenjar Bau Di Kepala

Banyak orang memgira bahwa kelenjar bau dikepala mereka sebagai keorontokan atau botak. Mereka sebenarnya memiliki kepala penuh bulu. Kelenjar aroma yang ada di bagian atas kepala menghasilkan zat berminyak yang mengeluarkan suatu kelenjar bau untuk menandai daerah kekuasaannya atau pasangannya/koloni.
kelenjar bau ini berkembang selama masa pubertas. Mereka akan menggosok kepala mereka di seluruh tempat yang mereka pikir seharusnya milik mereka. Jadi jika anda melihat Sugar Glider "menggosok".  Kelenjar di kepala ini akan hilang apabila pejantan ini dikebiri.

Kelenjar Bau Di Dada
Kelenjar bau didada, salah satu dari beberapa kelenjar bau, berkembang selama masa pubertas. Mereka akan menggosok dada mereka dimanapun yang mereka pikir seharusnya milik mereka. Kelenjar bau ini sama halnya dengan kelenjar bau di kepala.

Kelamin Jantan
Sugar Glider jantan memiliki penis yang berwarna merah muda dan bercabang dua, dari pangkal hingga ujungnya. Pada awalnya kita akan ketakutan atau kaget melihat penis itu dan menyangka itu adalah cacing atau usus yang keluar. Pada masa mereka pubertas, penis itu akan keluar dan pejantan anda akan terlihat seperti menggigit, menjilati atau bahkan terlihat seperti menggosok gigi mereka dengan penis itu. Jangan kaget atau jangan khawatir akan hal ini. Hal ini adalah wajar, penis itu akan kembali masuk pada waktunya dan ini adalah normal.


Penampilan secara umum Sugar Glider betina

 Kantong

Sugar Glider betina memiliki kantong perut berada di sekitar di mana anda pikir mungkin pusar, atau sedikit lebih rendah. Ada 4 puting dalam kantong, namun kebanyakan betina biasanya hanya melahirkan 1 atau 2 bayi (2 yang paling umum – bahkan bisa 3 atau 4 ekor namun sangat jarang terjadi). Setelah masa kehamilan 15-17 hari, Sugar Glider betina akan melahirkan keturunan embrio kecil (sekitar 1 / 4 inci panjangnya - atau sekitar ukuran sebutir beras ). Setelah melakukan perjalanan ke kantong, embrio kecil ini akan tetap berada di dalam kantong selama 60-70 hari, di mana mereka akan terus tumbuh dan berkembang. Setelah OOP/Out Of Pouch  (keluar dari kantong, setelah 60-70 hari) joey akan terus dirawat dan diasuh sampai dengan aman dapat disapih. (Hal ini sangat dianjurkan bahwa joey disapih tidak lebih cepat dari 8 minggu OOP.)

Kelamin Betina
Kelamin betina menyatu dengan saluran pembuangannya. Dan ketika membrane keluar untuk masuk kedalam katong ibunya juga melalui tempat yang sama.


0 komentar: